Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar IPS

Ayu Saputri, Asmaul Khair, Muncarno Muncarno

Abstract


The purpose of research is to find the significant relation of learning independence with students social studies learning achievement. The type of research is ex-postfacto correlation. The data are collected by using questionnaire and test. The data are analyzed by using quantitative analysis technique that is formula Product Moment Correlation and t-test. The result shows that there is a significant relation between learning independence with students social studies learning achievement.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS siswa. Jenis penelitian adalah penelitian ex-postfacto korelasi. Alat pengumpul data berupa angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yaitu rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS siswa.

Kata kunci: hubungan, kemandirian belajar, prestasi belajar.


References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

________. 2006. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Febriansyah, Shohih. 2015. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015. Http://Digilib.UNY.ac.id/4831/. Diakses tanggal 16 November 2016 pukul 12.50 WIB.

Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Karsidi. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD dan MI. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Kosasih, Nandang dan Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Maryam, Siti. 2015. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik di SMPN-14 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015. Http://Library.UPR.ac.id/Digilib/Gdl.Php?Mod=Browse&Op=Read&Id=Jtptiain-Gdl-Sitimaryam-6360. Diakse tanggal 16 November 2016 pukul 12.42 WIB.

Masidjo, I. 2007. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Morrison, Goorge S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT Indeks.

Mulyasa, E. 2008. Implementasi KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. PT. Raja Jakarta: Grafindo Persada.

Setiawan, Ebta. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Kamus Versi Online. Http://kbbi.web.id/. Diakses tanggal 13 November 2016 pukul 09.17 WIB.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI.

Yamin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v5i5.12738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.