PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Anastasia Apriani, Maman Surahman, Nazaruddin Wahab

Abstract


The problem in this research is the teacher has not used cooperative learning so that the students learn social studies remains low. The purpose at this study is to determine the influence of cooperative learning model NHT thype on the learning outcomes at social study. The method used in this research is quasi experimental research design non equivalent control group design. This study using total sampling technique. The main instruments used were a test. Data analyzed using independent sample t test Polled Varian. The results of data analysis research concluded there are influence of cooperative learning model number head together type towards learning outcomes on students at social study class VB SD Negeri Marga Kaya. This is indicated by the average value of student achievement the following study uses a model IPS NHT the experimental class is higher than the average value of student achievement that followed the lecture teaching methods in the control class.

Masalah dalam penelitian ini adalah: guru belum menggunakan model pembelajaran kooperatif sehingga hasil belajar IPS siswa masih rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t test Polled Varian. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas VB SD Negeri Marga Kaya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model NHT pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran ceramah pada kelas kontrol.

Kata kunci: pembelajaraan kooperatif, number head together, hasil belajar IPS


References


Kurniasih, Imas, 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta. Kata Pena.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontestual. Bandung. PT. Refika Adiatma.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan KuantitatifKualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

UU RI No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.