PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD

Bunga Apriyanti, Darsono Darsono, Loliyana Loliyana

Abstract


This research aims to know the effect of social inquiry model to 5th grade’s student results of social subject in SD Negeri 1 KampungBaru Bandar Lampung.Quasi experiment method are used in this research. Population in this research are all 5th grade students in SD Negeri 1 KampungBaru with total 42 students and 20 students as samples. The experiment class using social inquiry model with measures orientation, defining problems, formulating hypothesis, collecting data, hypothesis testing and drawing conclusions. Data were analyzed by using independent t test. Result of the research states that there is significant effect of social inquiry learning model to 5thgrades’s student results of social subject in SD Negeri 1 KampungBaru. The test results showed tcount rates of -26.455 with 5% significant level and df = n-2 = (42-2) = 40, with p-value 0.000<0.05, H0 rejected and Ha accepted.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Model Inkuiri Sosial terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Kampung Baru Kota Bandar Lampung.Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasieksperimen).Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Kampung Baru berjumlah 42 siswa dan sampel penelitian20 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model inkuiri sosial dengan langkah-langkah orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Penggunaan data menggunakan tes.Analisis data menggunakan uji t independent.Hasil penelitian menunjukkanmodel pembelajaran inkuiri sosial memberi pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Kampung Barudengan t hitung sebesar -26,455dengan taraf signifikansi 0,05 dan df = n – 2 = (42 – 2 ) = 40,signifikasi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

 

Kata Kunci : model pembelajaran inkuiri sosial, hasil belajar IPS


References


Depdiknas. 2006. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar . Jakarta.Badan Standar Nasional Pendidikan.

Sapriya. 2007. Konsep Dasar IPS. Bandung. UPI Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung.Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta.Kencana Prenada Media Grup.

Suyono dan Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran.Bandung. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep Landasan dan Implementasinya Pada KTSP. Jakarta.Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS).Jakarta. Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.