PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER

Nurudin Nurudin, Darsono Darsono, Suwarjo Suwarjo

Abstract

This research aims to produce acompactinteractive disct based learning culture and character, and know the effectiveness ofinteractive multimedia based on culture and character through themediaon theSocial Studies SDclassV. This researchresearch and development of theBorg andGall with the steps(1) thepotential and problems, (2)data collection, (3), Product Design (4) validation design, (5) the revision of the design, (6) product test, (7) the revision of the product, (8) usage test(9) therevision of the product, (10) The making of the masses. The population of this research are the studentsat SDN 1 SumberJaya numbered33students. Analysis of thedata that isused is a different test test (t).The results of the study showed that theinteractive media and learning developed with attention to potential problems,data collection, product design validation design, revised design, test products and the revision of the product. The results of the analysis of thedatashowed that thelearning usinginteractive media based on the culture and effective characters used inSocial Studies lessons.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan compact disct interaktif pembelajaran berbasis budaya dan karakter, serta mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis budaya dan karakter melalui media pada mata pelajaran IPS SD kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian research and development Borg and Gall dengan langkah-langkah (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain Produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk, (10) pembuatan masal. Populasi penelitian adalah siswa SDN 1 Sumber Jaya berjumlah 33 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif pembelajaran dikembangkan dengan memperhatikan potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi disain, revisi disain, uji coba produk dan revisi produk. Hasil analisis data menunjukkan pembelajaran menggunakan media interaktif berbasis budaya dan karakter efektif dipergunakan pada mata pelajaran IPS.

Kata kunci; karakter, budaya, IPS, dan media pembelajaran

References

Anitah, S. 2008. Media Pembelajaran. .Yuma Pustaka: Surakarta

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Penerbit Rineka Cipta:Jakarta

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. . PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Azhar, A. 2006. Media Pengajaran. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Aziz, H. A. 2011. Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati. Al-Mawardi Prima: Jakarta.

Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar.Bumi Aksara: Jakarta.

Djamarah, S. 2006. Strategi Belajar.Rineka Cipta: Jakarta.

Lasmawan, W. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran E-learning mata kuliah wawasan pendidikan dasar, Telaah kurikulum pendidikan dasar, pendidikian ips Sekolah dasar, perspektif global dan Problematika pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 4, No.1, April 2015 , 561.

Latuheru, J. D. 1988. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini.

P2LPTK: Jakarata.

Miarso, Y. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Cetakan Ketiga. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Puskur. Pengembangandan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah 2009

Ryan, K. . 1999. Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. Jossey Bass: San Fransisco.

Sadiman. 2011. Media Pendidikan,Pengertian, Pengembangan,dan Pemanfaatannya. PT. Raja Gravindo Persada: Jakarta.

Siswoyo Dwi, 2011. Ilmu Pendidikan. UNY Press: Yogyakarta.

Soemantri. Muhammad Nukman, 2001. Menggagas Pembaharuan pendidikan IPS, Remaja Rosda: Bandung

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV.Alfabeta: Bandung.

Wulandari, F. R. 2013. Pengembangan Cd Interaktif Pembelajaran IPA Terpadu Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Siswa Smp. Unnes Science Education Journal.

Zuchdi, Darmiyati. 2010. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY .

Refbacks

  • There are currently no refbacks.