Pengaruh Model Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar IPS

Eka Septiana, Mugiadi Mugiadi, Muncarno Muncarno

Abstract

The purpose of this research is to find positive influence and significant on the model cooperative learning type numbered head together towards social study result. The kind of research this is research experiment. Design research used non equivalent control group design. Technique the data collection was done to technique test. Anaysis data using t test pooled varians and the Program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The result of the testing of hypotheses shows that there are influence model cooperative learning type numbered head together towards social study result IV grade student of SD Negeri 1 Tanjung Jaya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe numbered head head together terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data menggunakan t test pooled varians dan progran Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Jaya.


Kata kunci: numbered head together, hasil belajar

References

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. BSNP.

Hamdayama, dan Jumanta.2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter . Bogor. Ghalia Indonesia.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual (konsep dan Aplikasi). Bandung. PT. Refika Aditama.

Risqi, Husnul. 2014. Pengaruh Penggunaan Pembelajaraan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah 12 Pamulang pada Mata Pelajaran Matematika. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Safitri, Beta Nur. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah Pamulang pada Mata Pelajaran Matematika. Universitas Islam Negeri Hidayatullah.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Tim Penyusun. 2009. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.

____. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta. Depdiknas.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.