PENGARUH TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TERPADU

Novita Rini, Een Yayah Haenilah, Maman Surahman

Abstract


Problem in this research are lack of student’s learning outcomes on integrated learning. This aim realize the influence of cooperative learning model course review horay type towards learning outcomes on student’s integrated learning. Methods is quasi experiment with research design nonequivalent control group design, a quasi experiment to see the difference pretest or posttest between experiment class, control class not selected random. Data analyzed using independent sample t test. The results concluded there are influence of cooperative learning model course review horay type towards learning outcomes on student’s integrated learning at class IV SD Negeri 1 Sukarame Kota Bandar Lampung 2016/2017. This shown by the average score of the learning outcomes of students who take learning using cooperative learning model course review horay type at experiment class (IV A) higher 79,35 than learning outcomes of students who take learning using lecture method on the control class (IV B) is 71,05.

 

 

Masalah dalam penelitian ini masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar siswa pembelajaran terpadu. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design, yaitu melihat perbedaan pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak dipilih secara random (acak). Instrumen penelitian ini menggunakan teknis tes. Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t test  terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar  pembelajaran terpadu siswa kelas IV SD Negeri 1 Sukarame. Ditunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada kelas eksperimen (IV A) yaitu 79,35 lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode ceramah pada kelas kontrol (IV B) yaitu 71,05.

 

Kata kunci: hasil belajar, pengaruh, tipe CRH.


References


Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paramadigmatis. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Isjoni, 2014. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung Alfabeta.

Permendikbud. 2013. Undang-undang Nomor. 67 tahun 2013 Tentang: Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD-MI.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan KuantitatifKualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.