Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Matematika

Royati Choiriyah, Asmaul Khair, Mugiadi Mugiadi

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of cooperative learning model snowball throwing towards mathematics learning outcomes. This research is an experimental research. The study design used is non-equivalent control group design. Data collected by the testing techniques in the form of multiple choice questions. Data were analyzed using independent sample t-test with the help of the program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The results showed that the cooperative learning model can affect the results of snowball throwing learn math.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa soal pilihan jamak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan independent sample  t-test dengan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat mempengaruhi hasil belajar matematika.

 

Kata kunci: snowball throwing, hasil belajar, matematika.



References


BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Kemendiknas.

Fadillah. 2014. Impelemtasi Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Pressindo.

Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Purwanto, Ngalim. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Husna, Rahmadini. 2010. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/2469/1/98266 RAHMADINI%20HUSNA-FITK.pdf. Diakses pada 27 november 2016.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung. UPI PRESS.

Widodo, R.. 2009. Model pembelajaran Snowball Throwing. http//wyw1d.wordpress.com/2009/11/09/model-pembelajaran-18-snowball-throwing/. diakses 22 November 2016.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.