Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
The purposes of this research is to find the effect of problem based learning model to the learning outcomes. This type of method-shaped experimental research was quasi experimental design with experimental designs non equivalent control group design. The data collection is done by using a pretest and posttest questions, which are then analyzed using quantitative data. The results showed that the problem based learning model can effect learning outcomes of social study.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPS. Jenis metode penelitian adalah penelitian eksperimen berbentuk quasi eksperimental design dengan rancangan eksperimen non equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning dapat mempengaruhi hasil belajar IPS.
Kata kunci: problem based learning, hasil belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya. Kata Pena.
Nuari, Yuda Cipta .2014 Pengaruh Model Problem Based Laerning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDN 04 Rasau Jaya. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5950. Diakses pada 7 November 2016.
Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Jakarta. Kencana.
____________. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar Poses Pendidikan. Jakarta. Kencana.
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung. UPI PRESS.
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.
Tim Penyusun. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta. Depdiknas.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta. Referensi (GP Press Group).
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.