Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika

Siti Nurazizah, Muncarno Muncarno, A. Sudirman

Abstract


Background problems in research is low mathematic study results. The purpose of research is to find significant and positive influence on the cooperative learning model type Teams Games Tournament (TGT) of mathematics study results. This research is is experiment research. Design research used is non equivalent control group. The data collection technique used technique test. The analysis data using t test pooled varians and the program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The results of research showed that there are significant and positive influence on the cooperative learning model type TGT to mathematic study result of students.

 

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data menggunakan t test pooled varians dan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif pada model cooperative learning tipe TGT terhadap hasil belajar matematika siswa.

 

Kata kunci: TGT, hasil belajar, matematika.


References


Aminuyati. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Hasil Belajar. Universitas Tanjungpura. http://repository.untan.edu. Diakses pada 10 November 2016.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. BSNP.

Hanafiah, Nanang dan Cucu, Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Refika Aditama.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung. Nusa Media.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Sutikno, Sobri. 2014 . Metode dan Model Pembelajaran. Lombok. Holistika.

Taniredja, Tukiran. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung. Alfabeta.

Widoyoko, Eko Putro. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Wijaya, Harja. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Gerak pada Manusia. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta. (repository.uinjkt.ac.id/Harja/Wijaya.pdf diakses pada tanggal 2 Desember 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.