Pengaruh Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar IPS

Fitri Martias Diningsih, A. Sudirman, Sarengat Sarengat

Abstract


The purpose of this research is to find positive influence and significant on the model cooperative learning type two stay two stray towards social study result. The kind of research this is research experiment. Design research used non equivalent control group design. Technique the data collection was done to technique test. Analysis data using independent sample t test with the program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The result of the testing of hypotheses shows that there are influence model cooperative learning type two stay two stray towards social study result IV grade student of SD Negeri 1 Metro Timur.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data menggunakan t test pooled varians dan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur.

 

Kata kunci: tsts, hasil belajar


References


Anam. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Materi Sejarah Siswa Kelas X SMK NU 01. Kendal.http://lib.unnes.ac.id/20909/1/3101411118-S.pdf. Diakses pada 7 November 2016. Pukul 15.03 WIB.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.BSNP.

Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Gunawan, Muhammad Ali. 2013. Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta. Paranama Publishing.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta.Pustaka Pelajar.

Karsidi. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD dan MI. Solo.Tiga Serangkai.

Kosasih, Nandang. 2013. Pembelajaran Quantum dan

Ptimalisasi Kecerdasan. Bandung. Alfabeta.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung. PT Refika Aditama.

Murniati, Yusi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Tamrin Yahya. Rambah Hilir.

http://ejournal.upp.ac.id/index. php/mtkfkip/article/view/263.Diakses pada 7 November 2016. Pukul 15.47 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.