Hubungan Keterampilan Mengadakan Variasi (Stimulus Variation) terhadap Prestasi Belajar Matematika SD

Carnella Susanti, Supriyadi Supriyadi, Yulina Hamdan

Abstract


The purpose of research is to find the relation of stimulus variation toward students mathematics achievement. The type of research is ex-post facto correlation. The population of research is all students of 5th grade, while the sample of research is 69 students of 5th grade elementary school. The data are collected by using questionnaire and study of documentation. The data are analyzed by using quantitative analysis technique that is formula Product Moment Correlation and t-test. The result shows that there is a significant relation of stimulus variation toward students mathematics achievement.


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan mengadakan variasi terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian ex-post facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V, sedangkan sampel penelitian adalah 69 peserta didik kelas V SD. Alat pengumpul data berupa angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yaitu rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada keterampilan mengadakan variasi terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.

Kata kunci : keterampilan mengadakan variasi, prestasi, matematika.



References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Artikawati, Rinta. 2016. Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 11 Tahun ke-5, 1074-1084. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Asril, Zainal. 2010. Microteaching. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmadi, Hamid. 2012. Kemampuan Dasar Mengajar (Landasan Konsep dan Implementasi). Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fadhilah, Aura. 2016. Hubungan antara Persepsi Peserta Didik tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Haryanto. 2010. Pengertian Prestasi Belajar. (http://belajarpsikologi.com/ pengertian-prestasi-belajar/), diakses tanggal 20 November 2016 pukul 10.00 WIB.

Muhsetyo, Gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 Tentang Kualifikasi Akademik Guru. 2007. Jakarta: Depdiknas RI.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun

Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saud, Udin Syaefudin. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas RI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.