HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV

Laila Khumairah, Lilik Sabdaningtyas, Cut Rohani Bitai

Abstract

The problem in this research is the low motivation to learn and learning outcomes IPS fourth grade students of Elementary School 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. The purpose of this research was to determine whether there is a significant correlation between learning motivation with learning outcomes IPS fourth grade students. The population in this research is all fourth grade students which amounted to 96 students with sample on the class IV A as much as 32 students. The results of the data analysis technique using product moment correlation formula showed that no significant relations between learning motivation and learning outcomes IPS which has a correlation coefficient of 0.064, with a percentage coefficient of determination shows the results of 0.41%, which means learning motivation contributing to results IPS learned that the rest of 0.41% influenced by other factors amounted to 99.59%.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 96 siswa dengan sampel penelitian pada kelas IV A yang berjumlah 32 siswa. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS yang memiliki koefisien korelasi sebesar 0,064, dengan Persentase Koefisien Determinasi menunjukkan hasil 0,41% yang berarti motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar IPS sebesar 0,41% yang sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 99,59%.

Kata kunci: belajar, hasil belajar, motivasi belajar.

References

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta. 55-56

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta. 73-75

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. 8-9

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.