PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TERPADU

Dian Wakhidiani, Rochmiyati Rochmiyati, Nazaruddin Wahab

Abstract


Problem in this research are the low activity and learning outcomes students on integrated learning in class and teacher not yet implemented the experiential learning in teaching and learning activities in class IV SD Negeri 3 Sawah Lama. Instrument that used are test and non-test, data were analyzed using independent sample t-test the result of data analysis research concluded that there are significant experiential learning model towards activities and students learning on integrated learning in class IV. This is shown by the average value of students learning activities that 57% in experiment class and 44% value students learning activities in control and average value of students learning outcomes who take the learning using Experiential Learning model in experiment class 78,33 higher that average value of students learning outcomes that do not use Experiential Learning model in control class is 68,00.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu di kelas dan guru belum menerapkan model experiential learning dalam kegiatan belajar mengajar dikelas IV SD Negeri 3 Sawah Lama. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes, Data dianalisis menggunakan uji independent sample ttest. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh model experiential learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu di kelas IV. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 57% pada kelas eksperimen dan 44% nilai aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol dan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model experiential learning pada kelas eksperimen yaitu 78,33 lebih tinggi dari nilai rata-rata hasilbelajar siswa yang tidak menggunakan model experiential learning pada kelas kontrol yaitu 68,00.

Kata kunci: pembelajaran terpadu, aktivitas belajar, hasil belajar, model experiential learning, pengaruh.


References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia Group: Jakarta. 376 hlm.

Baharuddin, Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-ruzz Media. Yogyakarta. 248 hlm.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta. 242 hlm.

Permendikbud. 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Permendikbud RI. Jakarta. 6 hlm.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfa Beta: Bandung.266 hlm.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, Dan Implementasi Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. Jakarta. 290 hlm.

Undang-undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta. 22 hlm.


Refbacks