HUBUNGAN MOTIVASI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA

M. Irfan Fadhlullah, Nazaruddin Wahab, Maman Surahman

Abstract


The problem in theresearch is the lack of motivation of parents at her child and mathematics achievement in grade V SD Global Surya Bandar Lampung academic year 2016/2017. The population in this study were all students of class V totaling 30 students, this study is population study. The results of data analysis with correlation product moment showed that (1) there is a positive relationship between motivation of parents with mathematics learning achievement which has a correlation coefficient of 0.4597, (2) the correlation coefficient of 0.4597 included in the category of very weak correlation, (3) the amount of motivation parents affect mathematics achievement with a coefficient of determination of the remaining 21.13% influenced by another factor of 78.87%.

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi orang tua pada anak nya serta prestasi belajar matematika pada siswa kelas V SD Global Surya Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa, penelitian ini merupakan study populasi. Hasil analisis data menggunakan korelasi product moment menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar matematika yang memiliki koefisien korelasi sebesar 0,4597, (2) koefisien korelasi sebesar 0,4597 termasuk dalam kategori korelasi sangat lemah, (3) besarnya motivasi orang tua mempengaruhi prestasi belajar matematika dengan koefisien determinasi sebesar 21,13% yang sisanya dipengaruhi factor lain sebesar 78,87%.

Kata kunci: matematika, motivasi, motivasi orang tua, prestasi belajar, prestasi belajar matematika.


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Daradjat, Zakiah dkk. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. sisdiknas. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.