PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN PKn

Mutiara Mutiara, Ahmad Sudirman, Kojat Sudiatmaja

Abstract

Type of this research is the classroom action research carried out in 3 cycles. Each cycle is carried out through four stages, planning, implementation, observation and reflection. Collection of data obtained through observation sheet and test questions were analyzed using qualitative and quantitative analysis techniques. The results showed that the implementation of cooperative learning in make a match model type with image media can increase of civic education’s activity and student learning result.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi serta soal tes yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model cooperative tipe make a match, PKn

References

Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. 308 hlm

Kunandar. 2010. Layanan Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali Pers, Jakarta. 311 hlm

Rakhmat, Cece. 2006. Psikologi Pendidikan. Upi Press. Bandung. 248 hlm

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. 424 hlm

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 189 hlm

Tarmizi. 2008. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Make A Match. http//tarmizi.wordpress.com. diakses pada tanggal 3 November 2012@ 07.00 wib

UU No. 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Rineka Cipta, Jakarta. 227 hlm

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka, Jakarta. 296 hlm

Winataputras, S. Udin . 2008. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Universitas Terbuka, Jakarta. 424 hlm

Refbacks

  • There are currently no refbacks.