PENGEMBANGAN PROGRAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN DALAM MENINGKATKAN NILAINILAI KARAKTER KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK

Wahyuni Wahyuni, Suwarjo Suwarjo, Darsono Darsono

Abstract


This study aims to 1) produce scouting activities program that can increase the values of character discipline of learners, 2) determine the effectiveness of the development of scouting activities whid can improve the character values of discipline learners of elementaryschool learners in Tegineneng District in PesawaranRegency.This study used research and development (R & D). The study population were class V elementary schoolstudents located inTegineneng District 2015/2016 .The technique of collecting data was using questionnaires, observation, interviews and documentation.The results showed that 1) Product based scouting program can increase code of discipline. 2) The development programs of scouting can improve the character of the discipline of students in TeginenengDistrict PesawaranRegency.

Penelitian ini bertujuan untuk1) menghasilkanprogram kegiatan kepramukaan yang dapat meningkatkan nilai-nilai karakter kedisiplinan peserta didik dan, 2) mengetahui efektivitas program pengembangan kegiatan kepramukaan dapat meningkatkan nilai-nilai karakter kedisiplinan peserta didik SD Negeri di Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.Penelitian ini menggunakan metode research and development. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri yang berada di Kecamatan Tegineneng tahun ajaran 2015/2016.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) produk program dapat membentuk karakter kedisiplinan, dan 2) program pengembangan kepramukaan efektif meningkatkan karakter disiplin peserta didik di Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

Kata kunci: program kegiatan pramuka, nilai karakter disiplin.


References


Agboola, Alexdan Kaun Chen Tsai,(2012). Bring Character Educationinto class room, Europena journal of educational research.

Akdon, 2009. Menejemen Strategi untuk menejemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, 2010, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. Jakarta.

Napitupulu, WP 2007. Pendidikan Nilai Gerakan Pramuka. Jakarta: Pustaka Tunasmedia.

Musriah, Yayah 2015., Pegaruh Guru PKn Terhadap Pembentukan Karakter Siswa, Jurnal Ilmiah PKn, Vol. 2, No. 1 Nopember. Semarang: IKIP Veteran.

Sudrajad, Joko. 2012. Hubungan Nilai-nilai Kepramukaan, Karakter Disiplin dan Kerja Keras terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Produktif di SMK PGRI1Ngawi. Jurnal Penelitian. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/10059/1/jurnal 20 penelitian. pdf pada tanggal26 Januari 2016 jam 20:30WIB.

Sugiyono, 2003,. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UU Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.