PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI MENYIMAK UNTUK SISWA KELAS VI SD

Novi Niarti, Nurlaksono Eko Ruminto, Een Yayah Haenilah

Abstract

The aim of this research was to describe the spesification of teaching material, analyze the attractiveness, and the efectiveness of multimedia interactive which used in language learning materials at sixth grade elementary school in SDN 1 Surabaya and SDN 1 Sukamenanti. This research was Research and Development method which adapted from Borg and Gall. Data were collected by using observation, questionnaires, test, and interview, then were analyzed by quatitatively and qualitatively. The result of this research was multimedia interactive of teaching material that used an Adobe Flash CS 3 application, data analysis results was showed that multimedia interactive teaching material in learning were effective and attracted to increase the students score.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan spesifikasi bahan ajar, menganalisis daya tarik dan efektivitas multimedia interaktif dalam pembelajaran materi menyimak pada siswa kelas VI di SDN 1 Surabaya dan SDN 1 Sukamenanti. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang di adaptasi dari model Borg and Gall. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis secara kuantatitif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah bahan ajar berbasis multimedia interaktif berupa software dengan aplikasi Adobe Flash CS 3, analisis data menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada materi menyimak efektif dan menarik dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: interactive multimedia, listening, teaching material.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP. Jakarta: Depdiknas.

Borg, Walter R. & Gall, Meredith D.1983. EducationalResearchAn introduction (4thed.). New York: Longman Inc.

Daryanto. 2012. Media pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Fatoni. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Menyimak Berbicara. https://fatonipgsd071644221.wordpress.com/2009/12/27/ strategi-pembelajaran-bahasa-indonesia-sd-menyimak-berbicara/. Diakses tanggal 30 Agustus 2015.

Kirkman, S., Coughin., & Kromrey, J. 2007. Correlates of satisfaction and success in self-directed learning, relationship with school experience, course format, and internet use. International Journal of Self-Directed Learning. Vol. 4(1), pp 39-52.

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata, Nana S. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Guntur H. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.