PENERAPAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn

Dwi Novita Sari, Darsono Darsono, Mugiadi Mugiadi

Abstract

The purpose of this study is to improve motivation and learning outcomes of students with the application of playing. Jenis Role of research is classroom action research conducted by 2 cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques using non-test techniques and tests. Data collection tools such as observation sheets and test questions. Data were analyzed using qualitative and quantitative analysis. The results showed that the application of the model Role Playing can increase student motivation and learning outcomes civic education.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model role playing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Role Playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa PKn.

Kata kunci: motivasi, hasil belajar, role playing.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2002 Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Bandung.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Prosedur Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.

Tim Penyusun. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi untuk Satuan Pendidikan Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah dan Menengah (Peraturan Mendiknas No. 22 dan 23 tahun 2006). Depdiknas. Jakarta.

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis dibidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.