PENERAPAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS

Zelina Affriani, Ahmad Sudirman, Mugiadi Mugiadi

Abstract


The purpose of this research is to increase activity and study result of student by implementing cooperative learning two stay two stray type withgraphics media. Type of research method was classroom action research, implemented in two cycles which consist of planning, action, observation, and reflection. Data were collected by non testtechnique and test technique. The instrument of data collection used observation sheets and formatif test. The techniques of analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that implementation cooperative learning two stay two stray type with media graphics can enhance the activity and student learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan media grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa teknik non tes dan teknik tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : two stay two stray, media grafis, aktivitas, hasil belajar.


References


Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Aditama.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperatif Learning.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosadakrya.

Ruminiati. 2007. Bahan Ajar Cetak Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Dikti Depdikbud.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Sumantri, Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Press.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Wardhani, Igak. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.