PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
Abstract
The purpose of study was to determine the effect of cooperative learning type team Number Head Togethet o study result of IPS. The type of research is experiment with Non-equivalent control group design. The study population was all students in grade V SDN 6 Metro West in the academic year 2015/2016 with the class as an experimental class VA and VB class as the control class. Analysis of experimental data using statistical test with the help of SPSS.20 program. The results showed, the average value of the experimental class pretest increased in average value posttest. The average value pretest control class also increased the average value posttest. The results showed that there is a significant impact on the implementation of cooperative learning model NHT against cognitive achievement of students in social studies.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 6 Metro Barat. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 6 Metro Barat Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis data penelitian menggunakan uji statistik dengan bantuan program SPSS.20. Hasil penelitian menunjukan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen meningkat pada nilai rata-rata posttest. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol juga meningkat pada nilai rata-rata posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS.
Kata kunci: NHT, hasil belajar, IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Depdiknas. 2003. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Isjoni, 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Sapriya, 2009. Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperatif Learning Teori & aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Hamdayama, dan Jumanta.2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nikmah. Choirun. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Panembahan Yogyakarta. UNY Press. Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/5495/. (diaksen on line) pada Selasa, 13 Desember 2015 Pukul 11.55 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.