PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS
Abstract
The purposes of this research were to increase the activity and study result through the implementation of problem based learning strategys. The method of research was classroom action research that consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. The technique of data analysis was using qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that the implementation of problem based learning strategys can increase the activity and study result of student. The average of students activity in cycle I with active enough chategory and cycle II with active chategory. The average score for cycle I with Middle chategory and cycle II with High chategory.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan kategori cukup aktif sedangkan siklus II dengan kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori cukup tinggi sedangkan pada siklus II dengan kategori tinggi.
Kata kunci: strategi pembelajaran berbasis masalah, aktivitas belajar, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Aditya Media
Sanjaya, Wina H. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tim Penyusun. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional PERMENDIKNAS) Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI). Jakarta: Depdiknas.
Tim Penyusun. 2005. Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 1 ayat 15. Jakarta: Depdiknas.
Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.