PENERAPAN MODEL SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR

Dwi Mawarti, Darsono Darsono, Yulina Hamdan

Abstract


The research purposes were to increase students social skills, teacher performance and study result by applying of script model. Type of research method was classroom action research by using some cycles; planning, acting, observing, and reflecting. The data collecting techniques were observation sheet and question test. The techniques of analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that the applying script model can increase students social skills and study result of social study.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial, kinerja guru dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model script. Jenis metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model script dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: script, keterampilan sosial, kinerja guru, hasil belajar


References


Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.

Dalyono. 2005. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartina. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Kasmadi, Sunariah. 2014. Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kota Pena.

Mulyasa, E. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Wardhani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.