PENERAPAN MODEL STAD DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Ahmad Hasanudin

Abstract

This research purposed to increase the activity and study result through application of STAD model with graphic media. The kind of this research was classroom action research implemented in two cycles consisted of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection technique used non test and test by using observation sheet and test question. Data analysis techniques were in the form of qualitative and quantitative. The results showed that the application of STAD model with graphic media could increase activity and study result.

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan model STAD dengan media grafis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes dengan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model STAD dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Kata kunci : model STAD, media grafis, aktivitas belajar, hasil belajar

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Meode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Galih Indonesia.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusaman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.

Sadiman, Arif. S, dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Leraning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Perenda Media Grup.

Tim penyusun. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Tim penyusun. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.