PENERAPAN MODEL MULTISENSORI MELALUI MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SD

Alfian Deni Iskandar, Rapani Rapani, Supriyadi Supriyadi

Abstract

The purposes of research were to improve activity and study result by implementation of multisensory models throught realia media. Type of research method was classroom action research implemented in two cycles that consist of planning, action, observation, and reflection. Data were collected by non test and test technique. The instrument of data collection used observation sheet and instrument test. The techniques of analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that the implementation of multisensory models throught realia media could improve students activity and study result of Science SD.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model multisensori melalui media realia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model multisensori melalui media realia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa SD.

Kata kunci : multisensori, realia, aktivitas, hasil belajar

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cempaka Putih.

Djojosoediro, Wasih. 2012. Pengembangan dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih S. 2009. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Belajar Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, Abdullah Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Muhammad. 2003. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.