MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL

Meiristy Tia Naga, Asmaul Khair, Rapani Rapani

Abstract


The research method of this research was classroom action research. It consisted of 4 steps, such as (1) planning, (2) acting, (3) observing, (4) reflecting; and it was implemented through 3 cycles. The data of the research were obtained through observation and test, in which by using guidance observation sheet, the students’ activity and teacher’s performance were analyzed using qualitative analysis technique. Meanwhile, the test questions were used to measure the students’ result which was analyzed through quantitative analysis technique.

Kata kunci: cooperative learning, rotating trio exchange, IPS


References


Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Dirjen Dikti Depdiknas. Jakarta

Andayani, dkk. 2009. Pemantapan Kemampuan Profesional. Universitas Terbuka. Jakarta.

Aqib, Zainal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, & TK. Yrama Widya. Bandung.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Dirjen Dikti. Jakarta.

Baharuddin dan Nur, Esa. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzzmedia. Jakarta.

DEPDIKNAS. 2008. Pendekatan Kontekstual: Contextual Teaching and Learning (ctl). Ditjen Dikdasmen. Jakarta

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Hartati, Tatat. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. UPI PRESS. Bandung.

Herrhyanto, Nar, dkk. 2009. Struktur Dasar. Universitas Terbuka. Jakarta.

Huda, Miftahul. 2012. Cooverative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. ALFABETA. Pekanbaru

........, 2011 Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. ALFABETA. Pekanbaru

Jasmine, Julia. 2007. Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Nuansa. Bandung.

Junaidi, Wawan. 2010. Cara Meningkatkan Aktivitas Belajar siswa. http://wawan-junaidi.blogspot.com/2010/07/aktivitas-belajar-siswa.html. Diakses pada tanggal 7/11/ 2012 08:30 WIB.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.

Kunandar.2010.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Lie, Anita. 2011. Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang kelas. Grasindo. Jakarta.

Massofa. 2011. Pengertian Dasar IPS. http//:www.massofa.wordpress.com.2011/. pengertian dasar IPS.html. Diakses pada tanggal 3/11/12. 14:52 WIB.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Delia Press. Jakarta.

Prayitno, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas di SD. http://ptk di SD.com. Diakses 6 Desember 2012. Pukul 14.00 WIB..

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip- prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Riad. 2012. Kekurangan dan kelebihan cooperative learning tipe rotating trio exchange. http://www.Riad.kekurangan dan kelebihan rotating trio exchangeRTE.blog.com.html./2012/. Diakses pada tanggal 28/11/12.13:45 WIB.

Rizky. 2011 pengertian IPS SD. Diakses pada tanggal 28/10/2012. 15:55 WIB.

Rusman. 2010. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Press. Bandung.

Sapriya, dkk. 2006. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. UPI PRESS.

Bandung

Shantika. 2011. Model pembelajaran IPS SD. http://www. Shantika.model pembelajaran IPS.studentmagz.com.html./2011/. Diakses pada tanggal 4/12/12. 20:05 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.