PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Andreas Tri Wibowo, Sarengat Sarengat, Muncarno Muncarno

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of contextual using real media on the results of students' mathematics learning. This type of research was an experimental research. Data were collected by the testing techniques. Hypothesis were tested using analysis of comparative two sampling correlation. The result of the calculation hypothesis test obtained t count > t table which is indicating that Ha is accepted, so there is a positive and significant influence of using contextual approach by using real media on the results of students' mathematics learning.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji hipotesis komparatif dua sampel yang berkorelasi. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yang menandakan Ha diterima, jadi terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan pendekatan kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: kontekstual, media realia, hasil belajar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostiana. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2009. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.