PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA
Abstract
The background of this research was the low of civic education study result in Vth B class of SD Negeri 10 Metro Pusat. The purpose of this research was to increase the study result of civic education by implementing of cooperative learning models course review horay type. The method of this research was classroom action research consisted of 2 cycles. Each cycle consisted of planning, acting, observing, and reflecting. The data were obtained through non test and test techniques using the observation sheet and questions test. The data were analyzed by using qualitative analysis and quantitative analysis. The result of this research showed that the implementation of cooperative learning models course review horay type in civic education could improve study result of student class research Vth B of SD Negeri 10 Metro Pusat.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V B SD Negeri 10 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe course review horay. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe course review horay pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B SD Negeri 10 Metro Pusat.
Kata kunci: course review horay, hasil belajar, PKn.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
Rahman, Muhammat & Sofan Amri. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Dirjen Dikti. Jakarta: Depdiknas.
Wardani, I.G.A.K. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winataputra, Udin S. 2014. Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.