PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEAMS GAMES TOURNAMENTS
Abstract
The purpose of this research was to increase the activity and student achievement of mathematics in theV class of SD Negeri 1 Tempuran by implementing the Teams Games Tournaments model. Type of research was Classroom Action Research (CAR) conducted in 2 cycles. Each cycles were planning, acting, observing, and reflecting. Data were obtained through non-test and test techniques using the observation sheet and questions test. Data were analyzed by using qualitative analysis and quantitative analysis. The result of this research showed that implementation of Teams Games Tournaments model in learning mathematics will increase students activities and students learning result.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Tempuran melalui model Teams Games Tournaments. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Teams Games Tournaments pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, matematika, teams games tournamentsFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adjie, Nahrowi & Maulana. 2006. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI Press.
Arikunto, S. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar dan Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyana, D. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyatiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan. Bandung: Alfabeta.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.
Soemanto, W. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.