HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PKn

Agung Kiat Trisna, Rapani Rapani, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The purpose of this research was to find a significant correlation between the study habit with civic education learning achievement. The type of research was ex post facto correlation. The data were collected by non-test techniques, namely: questionnaire and documentation study. Data collecting instrument used was questionnaire with Likert scale, which tested for validity and reliability in advance. Data analysis technique used product moment correlation test by SPSS and t-test. The result of the hypothesis test showed tcount = 2,921 > ttable = 2,015 (with ? = 0,05). It means, there is a significant correlation between the study habit with civic education learning achievement. The contribution of variable X toward variable Y is 16,2%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah ex post facto korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-tes, yaitu: kuesioner, dan studi dokumentasi. Alat pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji pearson product moment dengan bantuan program SPSS dan uji-t. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan thitung = 2,921 > ttabel = 2,015 (dengan ? = 0,05). Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn. Kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 16,2%.

Kata kunci: kebiasaan belajar, prestasi belajar, PKn

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Masidjo, I. 2007. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Press.

Sari, Eka Puspita. 2013. Korelasi antara Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X MAN Banding Agung OKU Selatan Tahun Pelajaran 2012-2013. Diakses (Online) http://digilib.unila.ac.id/1051/. Diakses Tanggal 3 Januari 2016 Pukul 08.00 WIB.

Sayfudin, Muhammad Nur. 2015. Pengaruh Kebiasaan dalam Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Diakses (Online) http://lib.unnes.ac.id/20340/. Diakses Tanggal 3 Januari 2016 Pukul 09.00 WIB.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tim Penyusun. 2016. UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945. Diakses (Online) http://www.itjen.depkes.go.id /public/ upload/unit/pusat/files/uud1945.pdf. Diakses Tanggal 3 Januari 2016 Pukul 09.34 WIB.

Tim Penyusun. 2016. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003. Diakses (Online) http://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf. Diakses Tanggal 3 Januari 2016 Pukul 09.39 WIB.

Wahyono, Budi. 2015. Perbedaan Hasil Belajar dengan Prestasi Belajar. Diaksesn (Online) http://www.pendidikanekonomi.com/2015/04/ pengertian-hasil-belajar-dan-perbedaan.html. Diakses Tanggal 28 Januari 2016 Pukul 14.30 WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.