PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

Yeti Nuryanti, Baharuddin Risyak, Riswanti Rini

Abstract


The problem in this research was about student learning activities that was still low, the teacher was not right in choosing learning model, and the learning process was still centered on the teacher. This research aimed to determine the effect of the inquiry model to the outcomes of students. The research used a quasi-experimental method with Nonequivalent pretest posttest Control Group Design. Analysis techniques in this research used the Mann Whitney U Test. Based on the statistical calculation data analysis it obtained the value of pretest to posttest increased by 16.5 and Ucount is amounted to -210 < from Utabel Mann Whitney at 127. It can be concluded that there is a significant effect between the use of the inquiry model to the cognitive learning outcomes of students.

Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar IPA siswa masih rendah, guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran, serta pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Pretest Posttest Design. Teknik Analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji Mann Whitney U Test. Berdasarkan analisis data perhitungan statistik diperoleh nilai peningkatan pretest terhadap posttest sebesar 16,5 dan Uhitung sebesar -210 yang lebih < dari UtabelMann Whitney sebesar 127. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model inkuiri terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif.

Kata kunci: IPA, model inkuiri, pengaruh.


References


Apriyanti, Suciningtyas. 2015. Pengaruh Aktivitas Terhadap Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Inkuiri Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Kampung Baru Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014. Lampung: UNILA.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Muri, Yusuf. 2005.metodologi Penelitian. Padang: UNP.

Parleni,Yose Dwi. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pemahaman Konsep Materi IPA di Kelas V SD Negeri Sidosari Kecamatan Natar Tahun Ajaran 2014/2015. Lampung: UNILA.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. 2008. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: KEMENDIKNAS.

Slameto dalam mufidah. 2011. Pembelajaran Inkuiri. Bandung: Alfabeta.

Syaifudin, Muhammad. 2014. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas V SDN 3 Yogyakarta Kecamatan Gading Rejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Lampung: UNILA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.