PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Meva Darmawan, Riyanto M. Taruna, Fitria Akhyar

Abstract


The purpose of this research was to determine the effect of inquiry model to the student learning achievement of IPA. This research used nonequivalent control group design. Population of this research were 69 students in V grade of SD Negeri 2 Tambahrejo. Sample technique used total sampling. Data collecting technique was using test. Data were analyzed using independent sample t test. The results of data analysis concluded that there was an effect of the use of inquiry model to the V grade student learning achievement of SD Negeri 2 Tambahrejo. It was indicated by score of tcount(5,786) > ttabel (1,996). N-Gain score of experimental class was 0,597, which is greater than N-Gain score of control class that was 0.290.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap prestasi belajar IPA siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent contriol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Tambahrejo yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Tambahrejo. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (5,786) > ttabel (1,996). N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen adalah 0,597, lebih tinggi dibanding N-Gain kelas kontrol yaitu 0,290.

Kata kunci: model inkuiri, prestasi belajar IPA, pengaruh.


References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk dan Leo Agung. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Suyono dan Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Depdiknas.

Uno, Hamzah. 2010. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.