HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA

Yuda Ardi Saputra, Erni Mustakim, Syaifuddin Latif

Abstract


The problem in this research was the achievement of social studies, learning facilities and learning motivation was low. The purpose of this research was to determine the relationship between learning motivation and learning facilities with student achievement. The research method used was a correlation study. The population in this study were all fourth grade students of SDN 07 Bandung baru. The sampling technique used was Saturated Sample or Census, as many as 25 students. The independent variables were the motivation to learn and learning facilities, the dependent variable was student achievement. Techniques of data collection were using questionnaire and documentation. The results of the study are positive and very strong between motivation and learning facilities and academic achievement.

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS, fasilitas belajar dan motivasi belajar yang rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 07 Bandung baru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh atau Sensus, sebanyak 25 siswa. Variabel bebas penelitian ini adalah motivasi belajar dan fasilitas belajar, variabel terikat prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi.Hasil penelitian terdapat hubungan yang positif dan sangat kuat antara motivasi dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar.

Kata kunci: fasilitas belajar, motivasi belajar, prestasi belajar siswa, ilmu pengetahuan sosial


References


Arikunto, Suharismi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdikbud

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, Mohamad. 2004. Belajar dan Proses Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.