PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Risqhe Rumsi, Sugiyanto Sugiyanto, Sugiman Sugiman

Abstract


The problem in this research was the social studies achievement of student is low and the teachers have not used the learning method of role playing in class V. The purpose of this research was to determine the effect of role playing teaching methods IPS on learning achievement of students. The research method in this research was quantitative and design used was experimental. The population in this study were all students of class V with the number of 108 students as the sample. The results of the data analysis technique that used Student t test in SPSS 17.0 for Windows series is shown by the average value of the learning achievement of students who take social studies learning teaching methods for role playing in the experimental class (VB) which is higher than the 82.36 the average value of student achievement that followed the lecture method in class control (VC), which only scored 57.36.

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa yang rendah dan guru belum menggunakan metode pembelajaran role playing pada siswa kelas V. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap prestasi belajar IPS siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan desain yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 108 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan Uji-Student t Test pada program SPSS seri 17.0 for windows ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan metode pembelajaran role playing pada kelas eksperimen (VB) yaitu 82,36 lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti metode ceramah pada kelas kontrol (VC) yang hanya mendapat nilai 57,36.

Kata kunci:IPS, metode pembelajaran role playing, prestasi belajar


References


Ahmadi. Abu. 2002. Psikologi sosial. Bandung: Rianeka cipta.

Hamalik.Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama. Jumanta.2014.Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sanjaya.2010.Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Jakarta: Prenada.

Sugiyono.2014.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional.8 Juli 2013. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301 Jakarta: Kemendiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.