HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA

Aulia Rahma Fajarina, Riyanto M. Taruna, Tambat Usman

Abstract


The problem in this research was the lack of using images mediathat makes IPS student learning achievement of IPS becomes low.This study aimed to determine therelationship between the use of images mediaand academic achievement of IPS at the IV grade students of SD Negeri 1 Bandar Lampung Rajabasa Raya. The research sampling method used wastotal sampling.Collecting data in this study was using a questionnaire and documentation, as well as data analysis was usingproduct momentcorrelation analysis.The results of the research data analysis gained the correlation coefficient of0.775, which means the correlation is positive.In addition, the result of isgreater than9.663> 1.999 so, Hais received which says there is a positive relationship between the use of picture media and academic achievement of IPS at the IV grade students of SDN 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung in Academic Year 2015/2016.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya penggunaan media gambar sehingga prestasi belajar IPS siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media gambar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. Metode Penelitian pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,775 yang berarti korelasi tersebut positif. Selain itu, hasil lebih besar dari yaitu 9,663 > 1,999 sehingga, Ha diterima yang berbunyi ada hubungan yang positif antara penggunaan media gambar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Rajabasa Raya Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016.

Kata kunci: media gambar, prestasi belajar, IPS.


References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Nasution. 2004. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswoyo, Dwi. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.