PENERAPAN NHT DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS

Maya Safitri, Mugiadi Mugiadi, Suwarjo Suwarjo

Abstract

The background of this research was the low activities and results of IPS education in IVB of elementary school 2 Sumber Bahagia. The purpose of this research was to enhance activity and student achievement of IPS lesson in IVB class of elementary school 2 Sumber Bahagia by implementing cooperative learning model NHT (Numbered Head Together) type with media images. Type of research was Classroom Action Research (CAR) conducted in 2 cycles. Each cycle were planning, acting, observing, and reflecting. The data were obtained through non-test as well as test techniques using the observation sheet and questions test. The data were analyzed by using qualitative analysis and quantitative analysis. The result of this research showed that implementation of cooperative learning model NHT type with media images in learning IPS lesson able to enhance students activities and learning result.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IVB SD Negeri 2 Sumber Bahagia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SD Negeri 2 Sumber Bahagia melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan media gambar. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media gambar pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, IPS, NHT, media gambar.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan.

------------. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 pasal 37 ayat 1f . Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

-----------. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bandung: Ghaila Indonesia.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Komalasari, K. 2014. Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas (Sebagai Pengembangan Profesi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran (Untuk Peningkatan Profesionalitas guru). Jakarta: Kata Pena.

Sanjaya, W. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

---------. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Kencana.

Suprijono, A. 2014. Cooperative Learning. Bandung: Pustaka Belajar.

Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sutikno, M.S. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Puastaka.

Wardani, Igak dan Kuswaya. K. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.