PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Anggi Febriani, Maman Surahman, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The purpose of this research was to know whether there is any effect of using cooperative learning model, Student Teams Achievement Divisions type to the IPS learning result of grade IV students. This research method was quasi experiments,a study method that used to see the effect of some treatments for the object, and to see how much the effect of the treatment. The population of this research were 50 of student grade four in SD Negeri 2 Kampungbaru, with IVA as experiment class and IVB as control class. The main instrument was test. Data analysis was using T-Experiment on Microsoft Excel 2007. The result of data analysis showed that there are some effects to IPS learning result by using Cooperative Student Teams Achievement Divisions type learning model. This case has been proved with the average learning result of experiment class which is 85,5, higher than control class which is only get 70,47.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV. Metode penelitian ini adalah (quasi eksperimen) yaitu metode yang melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan pada suatu objek, serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kampungbaru sebanyak 50 siswa, dengan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Analisis menggunakan menggunakan N-Gain dan uji U Mann-Whitney. pada Microsoft Excel 2007. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 85,5 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol mendapat nilai 70,47.

Kata kunci : hasil belajar IPS, model pembelajaran, student teams achievement divisions

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas No 22 Tahun 2006.Fungsi mata pelajaran IPS. Jakarta: Dikti

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Rahayu. 2003. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika aditama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PERMENDIKBUD.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.