PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn KELAS IV SD

Mukti Laras Ayu Pangesti, Maman Surahman, Fitria Akhyar

Abstract


The problem in this research was the PKn learning achievement and the teachers haven't been able to implement Cooperative Learning, Jigsaw-type Model. The purpose of this research was to know the influence of Cooperative Learning Model Jigsaw type to the learning achievements of PKn class IV SD Negeri 3 Labuhan Dalam. The subject of research which were 51 students were divided into two classes. Class IV A as the exepriment classand class IV B as the control class. The data were analyzed by using t-test on the SPSS 17.0 program for windows series. The results of the data analysis obtained the conclusions that there is an influence of Cooperative Learning Model Jigsaw type to the learning achievements of PKn class IV. This is demonstrated by the average value of learning achievements of students in class (IVA) which showed 80.18 is higher than the average value of student learning achievement on control class (IVB) which is only 65.83.

Masalah dalam penelitian ini rendahnya prestasi belajar PKn serta guru belum dapat menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar PKn kelas IV SD Negeri 3 Labuhan Dalam. Subjek penelitian sebanyak 51 siswa yang terbagi atas 2 kelas. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji-t pada program SPSS seri 17.0for windows. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar PKn kelas IV. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen (IVA) yaitu 80,18 lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada kelas kontrol (IVB) yang hanya mendapat nilai 65,83.

Kata kunci :model jigsaw, prestasi belajar, PKn.


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani 2015.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesional Guru.Kata pena. Jakarta: Kata Pena.

Priyatno, Duwi. 2009. Belajar Olah Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B). Bandung: Alfabeta.

Undang-undang RI No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.