PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA

Dea Anjar Wulan, Maman Surahman, Fitria Akhyar

Abstract


The problem in this research was the students' learning achievement of IPA subject that was low and the teacher has not been applied inquiry technique at the fifth grade student of State Elementary School 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung academic year 2015/2016. This research aimed to find the correlation between inquiry teaching technique and students' learning achievement of IPA subject. The method used quantitative and the design was experiment. Population of this research was all of fifth grade students which were 80 students who were also being the samples. The result that came from data analysis by using T-Test on SPSS program ver 17.0 for windows showed that the average of the students' learning achievement score on IPA subject by using inquiry teaching technique at experimental class (V C) was 84,63 higher than the average of the students' learning achievement score by using lecturing teaching technique at control class (V B) which was only got 69,25.

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPA siswa yang rendah dan guru belum menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar IPA siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan desain yang digunakan adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 80 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan Uji-Student t Test pada program SPSS seri 17.0 for windows ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen (V.C) yaitu 84,63 lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti metode ceramah pada kelas kontrol (V.B) yang hanya mendapat nilai 69,25.

Kata kunci: IPA, model pembelajaran inkuiri, prestasi belajar.


References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi. Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suyoso, Abdulah. 2008. Pengembangan Pendidikan IPA SD. Jakarta: Dirjendikti.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: KEMENDIKNAS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.