HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS

Yuliana Sari DJ, Loliyana Loliyana, Nazaruddin Wahab

Abstract


The purpose of this research was to find out the correlation between discipline of learning with social science learning achievement. The method used in this research was the method of correlation. The sample of the research consisted of 104 students. A correlational test was performed to analyze the data. The results of data analysis concluded that there is a correlation between discipline of learning with social science learning achievement.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan disiplin belajar, dan prestasi belajar IPS siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Sampel penelitian berjumlah 104 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS .

Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar, IPS.


References


Ahmadi, abu & Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

__________. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang RI No. 3 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.