HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR

Kiemas Ratih Puspasari, Riyanto M. Taruna, Baharuddin Risyak

Abstract


This research was motivated by the low achievement ofstudents learning. The purpose of this research was to determine the correlation between parental guidance with learning achievement. The population in this study were all fourth grade students of SD Negeri 2 Rawa Laut Bandar Lampung of academic year 2015/2016. The sample in this study was 35% of population or 60 students fourth grade of SD Negeri 2 Rawa Laut Kota Bandar Lampung. Data correlation techniques in this study were using questionnaire, observation and documentation. Data were analyzed by using Product Moment correlation formula. The result of data analysis showed that with correlation coefficient of 0,798 there is a significant correlation between parental guidance with learning achievement of fourth grade students.

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa yang rendah pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Rawa Laut Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dalam belajar dengan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 175 siswa kelas IV. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling kuota. Sehingga, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 35% atau 60 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung= 0,798yang berarti korelasi tersebut signifikan. Selain itu, lebih besar dari atau 12,594 > 0,2542 sehingga, H0ditolak dan Ha yang berbunyi ada hubungan yang positif antara bimbingan orang tua dalam belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV diterima.


Kata kunci: bimbingan orang tua, belajar, prestasi belajar siswa.


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek: Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan: Jakarta: PT Bumi Aksara.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Jakarta: ALFABET.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.