HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA

Rizki Ramadhani, Erni Mustakim, Cut Rohani

Abstract


The problem of the research was the low students' achievement of social studies and their learning motivation which was still low of fifth grade students of SD Negeri 1 Sawah Lama, Bandar Lampung in academic year 2015/2016. The purpose of this research was to determine the relationship between learning motivation and students' achievement of social studies. The method used in this research was quantitative research with a correlation design. The population were all students of class V with the number of students were 90 students and also as sample of the research. The results of the data analysis technique which used product moment correlation formula obtained the r count = 0.848, which means the correlation is positive. In addition, tcount is greater than ttabel or 22.594 > 1.987 so, H0 is rejected and Ha which states there is a significant relationship between learning motivation and students' achievement of social studies of fifth grade students.

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa yang rendah dan motivasi belajar yang masih rendah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sawah Lama Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan desain yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 90 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung = 0,848 yang berarti korelasi tersebut positif. Selain itu, lebih besar dari atau 22,594 > 1,987 sehingga, H0 ditolak dan Ha yang berbunyi ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas V.

Kata kunci: hasil belajar, IPS, motivasi belajar.


References


Arikunto, Suharismi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.