HUBUNGAN LINGKUNGAN AKADEMIS DI SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA
Abstract
The problem of this research was the students' learning achievement of Citizenship Education was still below the KKM predetermined by school at 70 and academic environment in schools that do not support the learning process. The purpose of this research was to determine the relationship of the academic environment at school and academic achievement of civics at the third grade students of SD Negeri 1 Bandar Lampung Kalibalau Kencana academic year 2015/2016. The sample in this study was 52 students. Data collection techniques in this study were using observation, documentation and questionnaires. The results of the data analysis technique using product moment correlation formula obtained r count = 0.324. In addition, tcountis greater than ttabel or 2,559 > 2,008 so, H0is rejected and Ha which showed that there is a relationship between the academic environment at school and academic achievement of students is accepted in citizenship education.
Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang masih di bawah KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 70 dan lingkungan akademis di sekolah yang kurang mendukung proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui hubungan lingkungan akademis di sekolah dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas III SD Negeri 1 Kalibalau Kencana Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah 52 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Hasil teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung= 0,324. Selain itu, lebih besar dari atau 2,559 > 2,008 sehingga, H0 ditolak dan Ha yang menunjukkan ada hubungan antara lingkungan akademis di sekolah dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa diterima.
Kata kunci: lingkungan akademis, prestasi belajar, pendidikan kewarganegaraan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemendiknas
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
_______. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, dan Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.