PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR
Abstract
The aims of the research were to improve motivation and study result by implementation of cooperative learning methods type group investigation. The method of research was classroom action research that consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of the data collection used observation sheet and test. The technique of the data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that implementation of cooperative learning methods type group investigation can improve the motivation and study result of student.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan menerapkan model cooperative learning tipe group investigation. Metode penelitian adalah tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, motivasi, tipe group investigation.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiah, Nanang & Cucu, Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Bandung.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Belajar. Yogyakarta
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Lerning itu Perlu. Ghalia Indonesia. Bogor.
Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Depdinas PPPG Matematika. Yogyakarta.
Sudjana. N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. .
Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana: Surabaya.
Wardhani, I.G.A.K. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatiof Kontemporer. Bumi Aksara. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.