PENERAPAN TEAM GAME TOURNAMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Fitri Handayani, Mugiadi Mugiadi, Sarengat Sarengat

Abstract

The aims of this research were to increase the activities and the result of study by implementing of cooperative learning type team game tournament. The research of the research was Classroom Action Reserach. The instrument of data collection used observation sheet and test. Technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that implementation of cooperative learning type team game tournamen can improve the activity and study result of student.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan model cooperative learning tipe team game tournamen. Jenis Penelitian ini menggunakan PTK. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe team game tournamen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, team game tournamen

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Huda. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur-dan Model Penerapan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung. Alfabeta.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran kontekstual: Konsep dan Afilikasi. Bandung. Refika Aditama.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progres f Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Kencana.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung. PT Remaja Rosadakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.