PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Sari Puspa Dewi, Darsono Darsono, Yulina Hamdan

Abstract

The aims of research were to improve study result by implementation of discovery learning model with graphic media. The method of research was classroom action research that consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of research data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that implementation of discovery learning model with graphic media can improve the study result of student.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model discovery learning dengan media grafis. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar siswa, media grafis, model discovery learning.

References

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, & Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Rajawali Pers. Jakarta.

Hosnan, M.. 2014. Pendekatan Saintifik Dari Kontekstual dalam Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan.

Sadiman, AS., R. Rahardjo, Amung H, & Rahardjito. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Rajagrafindo Persada.

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.