UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING

Sabaruddin Yunis Bangun

Abstract


The purpose of this study was to determine the improvement of learning outcomes volleyball passing down through the application of guided discovery style teaching eighth grade students State secondary schools of 14 Medan. This study uses action research (Classroom Action Research). The approach used is a qualitative approach, the design of this study was to use 2 CYCLE, the cycle I. Efforts to improve the learning outcomes volleyball passing down through the application of guided discovery style teaching eighth grade students State secondary schools of 14 Medan by running the first cycle that results have not been quite up to that need to proceed to the second cycle to achieve maximum results again. The result of this research is through the application of guided discovery teaching styles to improve learning outcomes under volleyball passing eighth grade students State secondary schools of 14 Medan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, desain penelitian ini adalah menggunakan 2 SIKLUS, pada siklus I. Upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Medan dengan menjalankan siklus I yang hasilnya belum cukup maksimal sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II untuk mencapai hasil yang lebih maksimal lagi. Hasil penelitian ini adalah melalui penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Medan.

Kata kunci: bola voli, hasil belajar, passing


References


Agus Krisyanto, 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga Cetakan I. Surakarta: UNS Pres.

Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Yrama Widya.

Arma, Abdullah, 1981. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Yudhistira.

Beuthelstahl, Dieter, 1984. Bola Volley, Pembinaan Teknik, Takti, dan Kondisi. Jakarta: PT. Gramedia.

Djamarah dan Zein, 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Durwatcher, 1990. Bola Voli Belajar dan Berlatih Sambil Bermain. Jakarta: PT. Gramedia.

M. Yunus, 1992. Teknik Dasar Permainan Bola Voli. Jakarta: PT. Gramedia

Muhajir, 2004. Pendidikan Jasmani, Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.

Oston, muska, 1981. Teaching Physical Education. Ohio: Publishing Company A Bell & Howell Company Columbus.

Nana Sudjana, 2008. Evaluasi Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Roestiyah, 2001. Strategi Belajar Mengajar Penjas. Bandung: Depdikbud.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soeprapto, 1979. Penilaian Metodik. Bandung: Remaja Karya Afset.

Supandi, 1992. Strategi Belajar Mengajar Penjas. Jakarta: Depdikbud.

_______, 2009. Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM). Jakarta: Depdiknas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Progresif




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.