PENGEMBANGAN MODEL DIKLAT PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS LEARNING BAGI GURU-GURU SDN DI PROVINSI LAMPUNG
Abstract
The purpose of this study is to produce a model of scientific writing training based learning in accordance with the needs and characteristics of teachers of public primary schools in the Lampung province. Product development and training devices include 1) training models, and 2) training procedure of writing scientific papers based learning. Methods in the development used R & D model which consists of 1) the early stages of the search and gathering information activities, and 2) the first stage of the search and information gathering activities, planning and development of early product format. The early stages of the study subjects were teachers at SDN in South Lampung regency, Pesawaran, Bandar Lampung and Central Lampung academic year 2012-2013. Early stage activities were carried out since November 2012 until May 2013. The subjects of the first phase are principals and teachers at SDN 12 districts in Lampung province. Data collection was conducted in June-September 2013. The total number of subjects' needs of the first phase is 72 teachers and 12 principals. The results of this study were 1) prototype or draft training model, and 2) training procedures.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model diklat penulisan karya ilmiah berbasis learning yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik guru-guru sekolah dasar negeri di propinsi Lampung. Produk pengembangan perangkat diklat mencakup 1) model diklat, dan 2) prosedur diklat penulisan karya ilmiah berbasis learning. Metode dalam pengembangan ini menggunakan model R & D yang terdiri dari antara lain 1) tahap awal dengan kegiatan penelusuran dan pengumpulan informasi, dan 2) tahap pertama dengan kegiatan penelusuran dan pengumpulan informasi, perencanaan dan pengembangan format produk awal. Subyek penelitian tahap awal adalah guru-guru SDN di kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Bandar Lampung dan Lampung Tengah tahun pembelajaran 2012-2013. Kegiatan tahap awal dilakukan sejak bulan Nopember 2012 sampai Mei 2013. Subyek penelitian tahap pertama adalah kepala sekolah dan guru SDN di 12 kabupaten yang ada di propinsi Lampung. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juni-September 2013. Total subyek kebutuhan tahap pertama sejumlah 72 orang guru dan 12 orang kepala sekolah. Hasil penelitian ini adalah 1) prototype atau draf model diklat, dan 2) prosedur diklat
Kata kunci: diklat berbasis learning, model diklat, prosedur diklat
Full Text:
PDFReferences
Lampung Post. 18 April 2013. Jual Beli Makalah Ilmiah. Bandar Lampung: Lampung Pos.
Pusdiklat Kesehatan Depkes RI. 2003. Pedoman Penyusunan Kurikulum dan Modul Pelatihan Berorientasi Pembelajaran. (http://model diklat pendidikan, diakses 16 Mart 2012).
Setyosari. Punaji. Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Makalah tidak dipublikasikan. Disajikan pada seminar nasional Malang, 18 Desember 2006.
Tim Pengabdian Dosen FKIP Unila. 2011. Work Shop Penulisan Penelitian Tindakan Kelas pada Guru SDN 1 dan SDN 2 Fajar Baru Jati Agung Lampung Selatan. Laporan Pengabdian tidak dipublikasikan. Bandar Lampung: Lembaga Pengabdian pada Masyarakat Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.