PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE
Abstract
Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, maka diperlukan metode atau model pembelajaran yang tepat guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe take and give untuk meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Way Tenong. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe take and give, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 55,88% menjadi 82,35%.
The low of students' learning outcome is strongly influenced by the method used by teachers in the teaching and learning process. Therefore, it is necessary to implement a method or appropriate learning model to improve students' learning outcomes. This study aims to determine the implementation of cooperative learning model take and give type to improve students' learning outcomes of class XI IPS2 SMA Negeri 1 Way Tenong. The method used in the study was a classroom action research conducted in 2 cycles. Based on the results of this study, it is concluded that by implementing cooperative learning model take and give type, students' learning outcomes has improved from 55.88% to 82.35%.
Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, tipe take and give.
Full Text:
PDFReferences
Asep Mahfudz. 2012. Cara Cerdas Mendidik yang Menyenangkan. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.
Indien. 2011. Model pembelajaran take and give. (Blogspot.com/2011/11 model pembelajaran take and give. Html) diakses pada tanggal 7 November 2012 pukul 20.14
Prawindya Dwitantra. 2011. Model pembelajaran take and give. (blogspot.com/2011/09/model-pembelajaran-take-and-give.html) diakses pada tanggal 7 November 2012 pukul 20.17.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Rajawali Pers. Jakarta.
Slavin, E Robert. 2005. Cooperative Learning. Nusa Media. Bandung.
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Suharsimi Arikunto. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.