Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Daerah Bantaran Sungai Barito

Suratno Suratno, Fifi Swandari, M. Yamin

Abstract


This research aimed to investigate and analyze the society behaviour in general and school society who lived along the Barito river, and what kind of strategy which was used to investigate the local wisdom value as the activator of the society in growing the ecological awareness. This research used Research and Development (R&D) with qualitative approach. The result of the research (define and design stage) showed that whether the teacher or parents gave various opinion about the content of the muatan lokalbased on local wisdom along the Barito river.

Keywords: learning model, local wisdom, barito river

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis perilaku masyarakat secara umum dan masyarakat sekolah yang berdiam di bantaran sungai Barito; dan strategi apa yang digunakan untuk menggali nilai-nilai kearifan lokal sebagai penggerak masyarakat dalam menumbuhkan kesadaran ekologisnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Research and Development (R & D). Hasil penelitian (tahap define dan design) menunjukkan bahwa baik guru maupun orang tua siswa memberikan pendapat beragam mengenai isi muatan lokal berkearifan lokal di daerah bantaran sungai Barito.

Kata kunci: jiwa kewirausahaan, kompetensi guru kewirausahaan, minat berwirausaha


Full Text:

PDF

References


Dahliani. 2012. Konsep Pengolahan Tapak Permukiman di Lahan Rawa, Banjarmasin. LANTING Journal of Architecture, Volume 1, Nomer 2, Agustus 2012, Halaman 96 -105 ISSN 2089-8916.

Doll. Ronald C. 1964. Curriculum Improvement, Decision Making and Process. Boston: Alyyn and Bacon.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Mata Pelajaran Muatan Lokal: SD/MI/SDLB-SMP/MTS/SMPLBSMA/MA/SMALB/SMK. Jakarta.

Endang , Susilowati. 2010. Peranan Jaringan Sungai sebagai Jalur Perdagangan di Kalimantan Selatan pada Pertengahan Kedua Abad XIX. Citra Leka dan Sabda. http://eprints.undip.ac.id/3257/. Diakses tanggal 5 Juli 2014.

Fraenkel, Jack R, dan Norman E. Wallen. 2006. How to Design and Evaluate Research in Education. Cet. Ke-6. New York: McGraw-Hill.

Moleong, LJ. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nawir, Ani Adiwinata, dkk (Ed). 2008. Rehabilitasi Hutan: Akan Kemanakah Arahnya setelah lebih dari tiga dasawarsa?. Bogor: Center for International Forestry (CIFOR).

Stefanus Alfons, dkk (Walhi Kalteng dan Kemitraan). 2010. Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam di Kawasan Eks PLG.

Sumbangan Baja. 2012. Perencanaan Tata Guna Lahan dalam Pengembangan Wilayah: Pendekatan Spasial dan Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wibowo, S. 2006. Rehabilitasi Hutan Pasca Operasi Illegal Logging. Jakarta: Penerbit Wana Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Progresif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.