PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA
Abstract
The study aimed to know the influence of interactive learning model with multimedia on student learning outcomes and motivations. This research was a quasi-experimental with nonequivalent control group design. The populations were all of class X in SMAN 1 Kuripan at 2016/2016 academic years. Two classes (XF and XB) were selected as the sample by purposive sampling technique. Motivation questionnaire was used to measure the student learning motivation, and multiple choice tests was used to measure student learning outcomes. A t-test was applied to analyze the motivation data. The result showed that t (0,13) < t (1,68), mean that the interactive learning model with multimedia does not enchanced students learning motivation. In contrast, the learning outcomes data showed that t stat table (3,99) > t (1,68), it is revealed that interactive learning model with multimedia is better than conventional models to student learning outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran interaktif berbantuan multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar kimia materi reaksi oksidasi reduksi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kuripan pada tahun pelajaran 2015/2016, sedangkan sampel yang diambil adalah kelas X.B dan X.F dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Angket motivasi digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa, dan tes pilihan ganda digunakan unuk mengukur hasil belajar siswa. Uji t digunakan untuk menganalisis data motivasi belajar siswa, didapatkan t 174 hitung (0,13) < t (1,68), ini menunjukkan bahwa model pembelajaran interaktif berbantuan multimedia tidak memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model konvensional terhadap motivasi belajar siswa. Uji gain t digunakan untuk menganalisis data hasil belajar siswa, didapatkan t hitung (3,99) > t (1,68), ini menunjukkan bahwa model pembelajaran interaktif berbantuan multimedia memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model konvensional terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: model pembelajaran interaktif, multimedia, hasil belajar, motivasi belajar, reaksi oksidasi reduksi.
Full Text:
PDFReferences
Campbell, D. T., Stanley, J. C. 1963. Experimental and Quasi-Experimental Design for Research. USA: Houghton Mifflin Company
Irsyadi. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Interaktif. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 13 (2), 281-293.
Prayekti. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPA di SD. Jurnal Teknodik. 1 (1), 9-11.
Sudria, I. B. N., Redhana, I. W., & Samiasih, L. 2011. Pengaruh Pembelajaran Interaktif Laju Reaksi Berbantuan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 44 (1).
Sumintono, B. dan Widiharso, W. 2015. Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.
Suryani, L. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPA pada Diklat Guru Bidang Studi IPA MTs. Palembang: Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Progresif
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.